Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan
Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup
|
CIRI-CIRI DAN
KEBUTUHAN
MAKHLUK
HIDUP
A. Ciri-ciri
dan kebutuhan makhluk hidup (Hlm.2)
|
o
Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1
s.d 1.3.
o
Memahami bahwa makhluk hidup :
-
memerlukan makan
-
bergerak
-
mengalami pertumbuhan
-
berkembang biak
-
bernapas
o
Menjelaskan fungsi makan bagi makhluk
hidup
o
Menjelaskan makanan yang berasal dari
tumbuhan dan makhluk hidup
o
Memahami cara tumbuhan membuat
makanan
o
Menyebutkan alat pernapasan makhluk
hidup
|
o
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
o
Membedakan
antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan
ciri-cirinya.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan Unjuk kerja
|
Kegiatan 1.1
Hlm.3
Tugas 1.1
Hlm.3
Tugas 1.2
Hlm.8
Tugas 1.3
Hlm.10
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Haryanto Erlangga Kelas III
Alat:
-
Kebun sekolah
|
Menggolongkan makhluk hidup secara
sederhana
|
CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
B. Menggolongan
Makhluk hidup (Hlm.11)
|
o
Melakukan kegiatan 1.2 (Hlm.18), 1.3
(Hlm.23)
o
Menyebutkan penggolongan hewan
berdasarkan
-
tempat hidupnya
-
jenis makanannya
-
penutup tubuhnya
-
cara bergeraknya
-
cara berkembangbiaknya
-
cara bernapasnya
-
bunganya
-
bijinya
-
akarnya
-
batangnya
-
daunnya
|
o Mengidentifikasi
persamaan hewan dan tumbuhan.
o Menggolongkan
hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
|
Tugas Individu
|
Uraian
Objektif
|
Kegiatan 1.2
Hlm.18
Kegiatan 1.3
Hlm.23
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Haryanto Erlangga Kelas
III
Alat:
-
Daun pepaya, singkong, jambu, mangga,
genjer, gadung, rumput-rumputan
|
Mendeskripsikan perubahan yang
terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan
perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
|
CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP
C.Perubahan Makhluk
hidup (Hlm.25)
D.Faktor yang
memperngaruhi pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Hlm.30)
|
o
Memahami peta konsep tentang
perubahan makhluk hidup
o
Melakukan tugas 1.4 (Hlm.26), 1.5 (Hlm.29) kegiatan 1.4
o
Menjelaskan pertumbuhan hewan dan
tumbuhan
o
Melakukan tugas
o
Menyebutkan makanan bergizi seimbang
serta manfaatnya
-
Makanan pokok
-
Lauk-pauk
-
Sayur-sayuran
-
Buah-buahan
o
Menjelaskan bahan tambahan makanan
seperti bahan pengawet makanan , penyedap makanan, pewarna makanan
o
Menyebutakan ciri-ciri makanan yang
telah berbusuk
o
Menyebutkan bahan makanan penyedap
alamiah dan buatan
o
Menyebutkan bahan makanan pewarna
alamiah dan buatan
o
Menjelaskan istirahat rekreasi dan
olah raga untuk meningkatkan kesehatan
|
o Mengidentifikasi
perubahan-perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar.
o Menafsirkan
berdasarkan data pengukuran bahwa bertambahnya tinggi dan berat badan
menunjukkan adanya pertumbuhan.
|
Tugas Individu
|
Laporan
|
Tugas 1.4
Hlm.26
Tugas 1.5
Hlm.29
Kegiatan 1.4
Hlm.32
Uji Kompetensi
Hlm.39
Latihan soal
Hlm.42
|
8 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas III
Alat:
-
Biji kedelai, atau biji kacang hijau,
kapas, wadah.
|
EmoticonEmoticon